Sabtu, 14 November 2020

Dampak Pandemi Covid-19 pada para UMKM di Indonesia

 Tidak dipungkiri, sejak diumumkannya pandemik COVID-19 oleh pemerintah di akhir bulan Maret 2020 atau sudah 7 bulanan lebih memberikan berbagai dampak baik negatif maupun positif. Secara makro dipastikan pertumbuhan terkoreksi yang harusnya positif jadinya diperkirakan negatif di akhir tahun 2020. 

Namun demikian, banyak usaha untuk menganulir ramalan tersebut dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mendukung pergerakan ekonomi dimulai dari kegiatan ekonomi yang dimotori oleh UMKM. 

Banyak dukungan baik secara regulasi maupun secara intrumen perbankan dalam mencegah kolapsnya UMKM di Indonesia salah satunya adalah pengendoran PSPB dan mulai diperbolehkannya kegiatan jual beli baik di Supermarket, Mini Market dan Horeka. Disektor lain yaitu pariwisata, pemerintah pusat dan daerah juga mulai memberikan banyak insentif bagi para pelancong dalam negeri yang akan berwisata di seluruh wilayah Indonesia dengan kemudahan dan diskon-diskon khusus untuk mulai keluar dari rumah dan merealisasikan rencana wisatanya di masa sekarang dengan tetap memenuhi protoko kesehatan.

Fidella cake yang juga salah satu usaha rumahan yang aktivitasnya dari sebelum pandemi adalah bisnis katering sekolah dengan 40-60 pelanggan mulai maret telah berpuasa dan banting setir untuk berubah ke penerimaan pesanan bermacam kue dari mulai bolu, kue ulang tahun, mune makan sehari-hari, lumpia, tahu petis, klappertart, kue kering, dan apapun yang bisa dilayani demi pengganti terhentinya bisnis katering yang tak tau hingga kapan akan bisa dimulai lagi seiring dengan mulai tatapmuka pembelajaran di sekolah SD dan SMP sekitar rumah Fidella cake di daerah Palem Semi Palem Ratu Bencongan Karawaci Tangerang.

Pola beli dan belanja masyarakat juga sudah berubah dengan adanya pandemik ini, dimana lebih cenderung pesan on line baik dari mulai WA di 087777484390 atau via IG dan FB. 

Untuk permintaan luar kota juga tidak perlu dipikir sulit karena sudah adanya aplikasi truckin. sehingga kue kue dan masakan Fidella Cake sudah bisa dikirim ke wilayah jawa tengah dan DIY juga jabotabek dengan lebih efisien.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar